Mengatasi Mesin Diesel Berasap Hitam

Mengatasi Mesin Diesel Berasap Hitam memang adalah salah satu kendala yang sering dikeluhkan oleh masyarakat pengguna kendaraan berbahan bakar solar ini, sudah banyak kasus dijalanan terlihat kendaraan bermesin diesel mengeluarkan asap yang tak sewajarnya.

Ada sebagian orang yang sensitif dengan hal ini dan ada sebagian lagi yang mungkin cuek akan asap hitam yang mengebul terlalu pekat, tetapi sebenarnya ada cara mudah mengatasi mesin diesel berasap hitam yang berlebihan.

Mesin Diesel Berasap Hitam

mesin diesel berasap hitam
http://bisnisbandung.com
Jika asap yang dikeluarkan dalam batas wajar atau sesuai dengan standard dari kendaraan tersebut sih fine - fine aja, akan tapi jika kondisinya diluar kondisi biasanya ya kudu lebih cermat dalam menyikapi hal ini.

Cara Mengatasi Mesin Diesel Berasap Hitam

Sebelum mengecek ke hal lain dalam onderdil kendaraan yaitu mesin, sebenarnya coba ganti filter bahan bakar dan filter udara dahulu. Kenapa harus begitu?

Filter Udara
Filter udara dirancang untuk bisa menyaring udara sebelum masuk ke ruang bakar mesin kendaraan, jika sampai dalam masa pergantian filter udara atau filter udara sudah sangat kotor. Jelas pasokan udara yang akan masuk ke ruang bakar akan terganggu dan volume udara akan menurun.

Hal ini menyebabkan konsumsi bahan bakar akan semakin banyak dan menyebabkan asap hitam pada mesin diesel semakin banyak juga pekat.

Filter Bahan Bakar
Mesin berbahan bakar solar terdapat filter yang berguna menyaring kotoran pada bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar, jika filter bahan bakar sudah sangat kotor menjadikan kotoran akan ikut masuk dalam nozzle dan bisa menyebabkan tersendatnya aliran bahan bakar ke ruang bakar mesin.

Jika hal ini terjadi, bukan hanya asap hitam saja yang akan terjadi tetapi tenaga mesin diesel kendaraan Anda juga akan drop atau bahkan mesin terasa bergetar lebih juga mesin akan tidak stabil / mbrebet.

0 comments:

Posting Komentar