Penyebab Aki Mobil Cepat Soak / Tekor

Kenali apa saja Penyebab Aki Mobil Cepat Soak / Tekor sebelum aki mobil Anda soak dahulu, hal ini penting karena kita tahu bahwa sparepart mobil yang terbilang cukup mahal jika sampai menggantinya hanya karena tak tahu tentang cara merawatnya.

Aki adalah komponen penting dalam kendaraan salah satunya mobil, karena aki berfungsi untuk selalu bisa menyimpan energi listrik yang sewaktu - waktu dibutuhkan baik untuk menghidupkan mesin atau hanya menyalakan perangkat audio pada mobil.
aki mobil cepat soak

Kelistrikan dari mulai dinamo starter, audio, lampu, wiper, ac, pengapian pada busi semua itu membutuhkan listrik meski tak kesemuanya berasal dari aki. Akan tetapi seperti dinamo starter yang berfungsi untuk menghidupkan mesin mobil membutuhkan penyuplai listrik yang harus disimpan di dalam aki dalam kurun waktu yang lebih lama.

Maka dari itu, fungsi penting aki memang benar - benar sangat dibutuhkan dan tak boleh tekor, soak ataupun rusak untuk bisa selalu menyimpan pasokan energi listrik dari dinamo pengisi.

Penyebab Aki Mobil Cepat Soak / Tekor

Berikut adalah Penyebab - Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor / Soak yang penting untuk Anda ketahui.

1. Lupa Menambah Air Aki
isi air aki

Siapa yang tak pernah lupa? sifat lupa memang terkadang menjangkit kita karena mungkin banyak urusan, pikiran lagi kacau, banyak masalah atau memang bener karena murni lupa. Jika lupa menambahkan air aki atau bahkan air aki hingga habis ini akan mengakibatkan sel rusak dan kondisi kelistrikan aki menurun.

Jika hal tersebut sudah beberapa kali terjadi bukan tak mungkin aki akan cepat soak atau tekor dan siap - siap saja mesin mobil Anda tidak bisa dihidupkan.


2. Mobil Jarang Digunakan
mobil kotor

Menghidupkan mesin mobil berarti juga mengisi kelistrikan pada aki mobil Anda karena didalam mesin mobil juga terdapat dinamo pengisi listrik yang akan digunakan untuk kelistrikan pengapian busi pada mesin bensin dan juga untuk mengisi kelistrikan pada aki.

Jika mobil jarang digunakan pastinya aki tak mendapatkan tambahan listrik dan malah kelistrikan aki akan semakin menurun karena digunakan untuk security system pengunci pintu otomatis juga alarm mobil yang terus akan membutuhkan daya listrik dari aki. Hal ini akan membuat aki cepat soak / tekor, banyak kasus mobil yang lama tak digunakan tidak bisa starter karena sumber listrik di aki sudah habis.

Meski terkadang di cas ulang menggunakan alat pengecasan, aki menjadi drop dan tak bisa menyimpan listrik dalam waktu lama.


3. Tingginya Intensitas Penggunaan
mobil berasap

Kendaraan dengan intensitas penggunaan yang tinggi selain memang akan cepat aus untuk bagian - bagian yang bergesekan seperti bagian piston, blok piston dan pada aki basah air aki juga akan cepat berkurang bahkan habis. Hal lain juga berpengaruh pada masa pakai aki karena sel aki dan goncongan sewaktu diperjalanan menyebabkan sel - sel aki akan rawan rusak, bukan tak mungkin aki akan mudah sekali soak bahkan mati mendadak.


4. Penambahan Audio
audio avanza

Musik dengan bass tinggi membutuhkan listrik yang lebih besar pula, ampere dari standard kendaraan sebenarnya sudah diperhitungkan oleh pabrikan dan diuji sesuai dengan fungsi dari masing - masing perangkat kendaraan.

Akan tetapi penambahan audio yang berlebihan bisa menyebabkan aki cepat soak, jika hal ini tak ingin terjadi lebih baik tambahkan aki tambahan supaya kondisi kelistrikan kendaraan tetap selalu stabil.

0 comments:

Posting Komentar